Pantai-Pantai Di Dunia Dengan Pasir Yang Berwarna-warni


Hampir semua orang pasti akan terbuai ketika menikmati simfoni desahan angin semilir serta deru suara ombak yang membingkai hamparan pasir putih nan halus. Kemilau pasir nan cantik diterpa sinar sang matahari di pagi hari, siang, senja, bahkan saat bulan purnama menyapanya.

Coba jika hal itu kita lakukan disaat berdua mmm .. tentu sangat romantis memandang samudra biru lepas tanpa batas, memanjakan mata kita yang setelah sekian lama menatap hiruk pikuk sang kehidupan dunia. Indah bukan?

Tapi tahukah Anda? Ini barangkali sebatas untuk pengetahuan kita, diberbagai belahan bumi. Ternyata ada perbedaan pada sebuah pantai, yaitu pada pasir pantai dengan warna dan tekstur yang sedikit berbeda tapi justru hal ini membawa kesegaran dan keajaiban dalam liburan Anda.
Pertanyaannya, dari mana kiranya warna-warna manis yang membalut pasir ini berasal? Tentu saja bukan dari pewarna makanan, melainkan dari mineral padat serta berbagai materi bumi yang hancur berkat pertautan antara gempuran ombak yang bertambatan dengan permukaan bumi hingga akhirnya menggerusnya menjadi butiran kecil. Dan dari kesejukan Hawaii hingga kilau California, ini empat pantai dengan warna pasir paling luar biasa. Kami belum pernah kesana paling sering Kuta Bali yang tak kalah indah, tapi bagaimana jika kita simak bersama-sama.

Pantai pasir hijau di Papakolea, Hawaii

Pantai Papakolea yang kaya akan mineral olivin (salah satu unsur utama yang dihasilkan oleh endapan lava gunung berapi di Hawaii) memiliki sebuah lekukan yang nyaris seperti kerucut silinder dengan pasir berwarna hijau tua yang surealis, terhampar bagai sebuah padang rumput. Pantai ini dapat Anda temukan di sebelah selatan Big Island, terlindungi oleh sebuah bukit yang lumayan tinggi.

Pfeiffer Beach di kawasan Big Sur, California, yang berpasir ungu muda.

Di malam hari, ketika sinar bulan memantul perlahan-lahan, maka partikel mangan yang mewarnai pasir hingga terlihat ungu akan tampak bercahaya, dan pantulannya di permukaan air tampak seperti aurora. Terbentang dari sebelah selatan pantai hingga membentang ke utara, warna pasir secara bertahap akan tampak makin pekat. Di siang hari, warnanya juga masih tampak mempesona.

Pantai berpasir merah muda di Harbour Island, Bahamas

Pasir di kawasan Harbour Island terbuat dari formula alam yang terdiri dari sedikit serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, serta tambahan bahan rahasia berupa kandungan Foraminifera, amuba mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah atau pink cerah. Dengan kesabaran yang hanya dimiliki oleh alam, proses jutaan tahun menghasilkan butiran pasir pantai yang tampak indah, merona merah muda.

Pantai berpasir kaca di Fort Bragg, California

Lokasi yang suatu ketika pernah menjadi tempat pembuangan sampah ini kini telah menjelma menjadi salah satu pantai buatan manusia yang paling menakjubkan di dunia. Proses pasang surut pantai yang telah berjalan selama beberapa dekade telah menghaluskan pecahan-pecahan kaca hingga menjadi butiran kristal bergerigi yang nyaman di kaki. Hamparan kerikil kaca yang bersekongkol dengan butiran pasir Fort Bragg adalah salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi diantara semua gelimang menyilaukan Kota California.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s