Kesalahan Fatal Saat Berinternet


Seperti halnya seseorang yang mengendarai sebuah motor, sering kali kesalahan kecil seperti lupa memberi sein saat berbelok, atau menggunakan lampu depan tidak sesuai standar menyebabkan terjadinya tabrakan yang fatal… dalam berinteraksi dengan internet apalagi jika berhubungan dengan sosial networking seseorang mungkin saja melakukan kesalahan kecil tapi akibatnya sangat fatal, ini beberapa diantaranya :
1. men-share hasil scanning bandwidth modemnya yang dilakukan oleh sebuah situs, apakah itu dari provider atau dari 3th party… memang men share image hasil scanning tersebut bisa jadi sebuah kebanggaan tersendiri, tapi jika ditelusuri lebih lanjut bisa jadi ini sama dengan memberitahukan kepada khalayak ramai dimana seseorang bisa menyerang jaringan anda, lah …. kok bisa ya? lihat contoh dibawah :
[Image: 10175480f721be097d08eb4ca61361ec8097b1f9.jpg]
bagian yang dilingkari merupakan sebuah titik terbuka untuk menyerang jaringan anda, lalu pertanyaannya itu nomor apa? jawabannya adalah itu IP statik modem yang ditetapkan sebuah provider terhadap sebuah modem dalam lingkungannya. memang beberapa provider katanya menggunakan random dan public IP, tapi selama yang ini saya temukan adalah sebaliknya IP public yang dikoar koarkan provider sering kali malah merupakan IP static (IP modem).
ketika IP modem telah diketahui maka dengan sedikit keahlian sebuah modem dengan jarak berapapun dapat dikuasai… clue nya adalah –> bukankah setelah IP modem sekurity dari sebuah modem hanya username dan password modem¬† (mencari usernam dan password ini mah bagi yang sering nyeting modem adalah hal yang mudah.
jadi jangan heran tiba tiba jaringan anda berhenti merespon, padahal sebelumnya tidak ada masalah apa apa… bisa jadi anda adalah korban orang iseng yang ngutak ngaktik modem anda dari jauh.
2. kesalahan kecil lainnya adalah kabur dari warnet tanpa menutup akun yang terbuka, jika itu sebuah akun tentunya itu adalah sesuatu yang sifatnya pribadi atau hanya dimiliki suatu kalangan tertentu. nah ketika lupa menutup akun pada tempat umum seperti warnet, orang yang menggunakan PC setelah anda bisa dengan mudah merebut akun tersebut…
3. selain itu kesalahan kecil lainnya adalah kurangnya pengetahuan tentang history, cache dan cookies dari sebuah browser. lain halnya jika anda menggunakan internet pada jaringan pribadi, mungkin ini tidak terlalu bermasalah, tapi jika anda berinternet pada fasilitas yang bersifat umum seperti warnet, dengan bantuan beberapa tool dan pengetahuan tentang browser seseorang dapat dengan mudah mencari apa yang pernah anda lakukan pada PC tersebut sebelumnya, bahkan jika bisa membongkar cookies tidak jarang seseorang bisa menemukan username dan password yang pernah anda masukkan sebelumnya, dan itu tanpa ada perlindungan enkripsi…
cara terbaik ketika akan keluar dari fasilitas umum seperti ini adalah membersihkan terlebih dahulu semua jejak aktivitas pada PC tersebut.
sekian dulu… semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s