Tornado Joplin


Regu penyelamat menggali tumpukan dari reruntuhan rumah dan mobil yang hancur akibat Badai Tornado yang melanda Joplin, Amerika Serikat (AS). Mereka untuk mencari korban badai tornado yang menewaskan 116 orang tersebut. Badai ini merupakan bencana nasional yang paling mematikan selama 60 tahun terakhir di AS.
Para pejabat AS khawatir jumlah korban akan terus bertambah.
Banyak rumah dan mobil diketahui hancur sementara warga berlarian di jalan mencari anggota keluarganya yang lain. Api dari saluran gas yang bocor membakar sepanjang kota dan mereka mengantisipasi kemungkinan terjadinya badai susulan.
“Saya tidak pernah melihat kehancuran seperti ini, hanya timbunan dari rumah yang sekarang sudah binasa,” ujar Mantan Politisi Setempat, Gary Burton. Seperti dilansir Associated Press, Selasa (24/5/2011).
Berbeda dengan badai yang menewaskan 300 orang bulan lalu, Joplin hancur hanya dengan satu hantaman tornado. Para otoritas setempat bersiap untuk mencari jasad para korban di berbagai reruntuhan.
Sebanyak 17 orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan. Regu penyelamat pun harus berjalan ekstra hati-hati di daerah sekitar saluran listrik yang rusak akibat diterpa tornado.
Rumah Sakit St. John’s pun tak luput dari amukan tornado. Staf rumah sakit tidak memiliki banyak waktu untuk menggiring pasien. Enam orang dilaporkan tewas di rumah sakit. Lima orang yang tewas diketahui sebagai pasien, sementara satu orang lainnya adalah penjenguk anggota keluarganya yang sakit.
Di sebuah toko, 20 orang lari ke mesin pendingin yang gelap saat bangunan mulai roboh. Mereka mendokumentasikan insiden tersebut lewat video. Video tersebut cukup menggemparkan banyak orang.

Badai yang terjadi di Joplin memang cukup menghebohkan.”Coba kau lihat foto Perang Dunia II serta kehancuran yang diakibatkan olehnya. Kehancuran kota ini sama seperti kehancuran pada Perang Dunia II,” ujar Kepala Sekolah Joplin, Kerry Sachetta
(rhs)

sumber :

http://okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s