Tips Mengatasi Sifat Pemalu


Jika Anda salah satu tipe pemalu, maka bersiaplah untuk berubah! Kesembilan langkah di bawah ini mungkin tak mudah ketika dipraktekkan. Namun percayalah, dengan tiga atau empat kali mencoba, Anda akan menyadari bahwa bersosialiasi itu ternyata mudah!
tips mengatasi sifat pemalu
Jangan hindari sosialisasi!
Cara terbaik menghilangkan sifat pemalu adalah bersosialisasi. Keluar dari zona nyaman Anda sekarang juga! Meski susah, jangan berhenti berusaha menghadapi berbagai macam orang di dunia ini. Just do it!
Hei, Anda bukan pusat perhatian!
Penting untuk selalu ingat bahwa orang tak akan sebegitu pedulinya sampai harus menghakimi setiap apa yang Anda lakukan! Kalaupun membuat kesalahan, sebenarnya orang lain jauh lebih mudah melupakannya daripada Anda. Bahkan, kalau seseorang mulai fokus pada Anda, bisa jadi dia memang penasaran dengan kepribadian atau busana yang Anda kenakan, –bukan karena ingin mencari kesalahan.
Berhenti menyebut diri pemalu!
Kesalahan besar kalau Anda tipe yang selalu berkata “Maaf, saya orangnya memang pemalu dari dulu”. Banyak orang merasa pemalu adalah sifat sejak kecil dan mempertahankan karakter itu sampai dewasa.Padahal melabeli diri sendiri pemalu justru akan membuat diri Anda makin sulit berubah!
Slow down, and breathe!
Ya, kapanpun Anda merasa dalam situasi canggung, jangan lupa tenangkan pikiran dan atur nafas. Hal kecil ini terbukti ampuh membuat Anda merasa tenteram dan voila rasa canggung pun berkurang.
Jangan mencoba menjadi sempurna
Tidak ada manusia yang sempurna, maka dari itu tidak masalah jika Anda membuat kesalahan! Orang yang pemalu cenderung takut mengecewakan orang lain dengan pendapat, aksi, atau bahkan penampilannya. Padahal, Anda hanya perlu melakukan hal terbaik yang membuat diri Anda merasa nyaman.
Belajarlah menerima pujian atau kritikan
Jika Anda dipuji, biasakan untuk tersenyum dan berterimakasih. Berhentilah menggeleng dan meyakinkan orang lain bahwa Anda tak sebaik yang terlihat. Jika sudah terbiasa menerima pujian, maka Anda juga akan mudah menghadapi kritikan karena selalu ingat bahwa masih ada orang yang menghargai Anda.

Tulis jurnal
Siapa orang baru yang Anda ajak bicara, kegiatan apa yang Anda ikuti, atau apa saja pengalaman yang berhubungan dengan orang lain harus Anda catat dalam sebuah jurnal! Ini akan membantu Anda mengetahui kemajuan apa saja yang sudah dicapai dan memudahkan Anda belajar dari pengalaman.
Lingkupi diri dengan support
Percayalah, keluarga dan teman-teman Anda sebenarnya juga ingin melihat Anda lebih aktif dan sering bergaul. Mulai sekarang, jangan menolak ketika mereka menawari ikut menghadiri pesta atau sekedar menemani berkunjung ke rumah teman! Akan jauh lebih mudah untuk mulai bersosialiasi ketika Anda memiliki paling tidak satu orang yang sudah Anda kenal baik.
Fokus pada hal positif
Mereka yang pemalu cenderung berpikir bahwa dirinya penuh kekurangan. Entah itu bentuk fisik, suara, atau takut diejek yang membuat mereka selalu merasa tak aman. Mulai sekarang, mulai fokus pada sisi positif Anda! Ketika bersosialiasi, jangan ragu untuk memberikan senyum Anda yang indah atau jika tahu banyak soal sains, jangan ragu menyelipkan pengetahuan itu dalam percakapan!
Banyak orang yang memiliki kepribadian pemalu merasa nyaman dengan dirinya dan tidak melakukan apapun untuk berubah. Padahal, ada jutaan kesempatan yang mungkin terlewat akibat terlalu takut mengambil risiko. Ikuti sembilan langkah di atas tadi, dan rasakan manfaatnya menjadi lebih aktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s