Bikin Film Sendiri? Why Not!?


produksi-film_perpuskita-290x290

Abis share yang berat-berat,sekarang ane mau share tentang salah satu bidang yang sedang ane tekuni sekarang,salah satu media audio visual yang memiliki banyak peminat dari semua kalangan,entah itu presiden,rakyat biasa,tua,muda,cewek,cowok hampir semua kalangan bisa dan suka menikmati media ini. FILM.

Ane sendiri bukan pembuat film profesional yang udah pernah bikin puluhan film,ane hanya mahasiswa biasa,yang (mulai) tertarik dengan film. Maksud aneshare disini juga bukan buat menggurui,hanya ingin berbagi pemikiran.

Berdasar pengamatan ane,Indonesia itu termasuk negara dengan jumlah penggemar film yang gak bisa dibilang dikit. Kayak yang udah ane jelasin diatas,hampir semua kalangan suka nonton film. Sayangnya,ya udah cuma sampai disitu aja. Orang nonton film bagus,trus komentar,”wah keren banget ya filmnya” atau “gile,canggih banget dah efeknya,bisa kayak gitu” dan berbagai komentar-komentar lain bernada takjub. Udah,cuma itu. Kita nimatin film,gak lama abis itu ilang gak berbekas. Masih dikit banget orang yang keluar bioskop trus nyeletuk,”keren juga itu film,ane juga coba bikin ah”. Sangat jarang.

foto1671

Bikin film di era serba canggih sekarang samasekali bukan hal sulit. Banyak yang udah punya kamera-kamera dewa semacam DSLR dengan berbagai lensanya,bisa banget tuh bikin film dengan kualitas gambar layak tayang dibioskop. Atau bahkan cuma dengan berbekal mobile device semacam smartphone, kamu-kamu juga udah bisa bikin film.

Yang paling penting adalah gimana cara kita untuk sekreatif mungkin mewujudkan ide cerita yang ada dikepala kita,dalam bentuk audio visual. Sayang banget bray kalau ide cemerlangmu itu kamu biarin busuk dikepalamu. Sayang banget cuma kamu dan Tuhanmu yang menikmati ide cerita itu. Kalau emang kamu ngerasa idemu itu keren,gokil,langsung ambil pulpen+kertas,catet.

959657_kleper

Tapi ane gak tau cara bikin film bro?  Bro,sekarang udah tahun 2013,tinggal buka google,cari tutorial pembuatan film. Gak punya modem? cari warnet terdekat. Tapi ntar ngambil gambarnya gimana? ane gak punya kamera,kamera hp ane burem,gimana dong? Bro, ente hidup gak sendiri,samperin tuh anak-anak gaul temen ente yang kemana-mana tenteng kamera,ente ajakin mereka buat kerjasama,sampein ide ente,kalau emang menarik mereka pasti mau gabung.

Gak ada salahnya emang kita cuma jadi penikmat film,sangat wajar malah,tapi emang kamu gak pengen suatu saat orang keluar dari bioskop abis nonton filmmu trus ngeluarin komentar yang sama kayak kamu dulu waktu abis nonton film? Hidup cuma sekali bray,tinggalin bukti kalau emang ente pernah hidup di dunia ini. Bua sesuatu yang orang bakal ngenang itu buat selamanya. Kayak kata Aditya Gumay waktu awarding night lawang sewu film festival.”film itu bisa jadi bukti sejarah kita sebagai manusia pernah hidup didunia ini,”. Kalau kata iklan nih, TUNJUKIN AKSI LO!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s